WARGA PADUKUHAN GATAK KERJA BAKTI BERSIHKAN SUMBER PONGANGAN

wibiyanto 21 Januari 2020 21:28:54 WIB

KARANGMOJO (TIM SID). Sumber Pongangan yang terletak di Padukuhan Gatak, Desa Karangmojo merupakan salah satu sumber air yang masih mengalir airnya hingga kini. Air sumber Pongangan ini digunakan untuk mengaliri areal persawahan yang berada disekitar sumber air tersebut. Keberadaan sumber air tersebut diyakini sudah ada beberapa ratus tahun yang lalu dan menjadi ikon Desa Karangmojo yang mana masuk dalam buku sejarah Desa Karangmojo sebagai asal muasal adanya Desa Karangmojo.

Sumber Air Pongangan ini terus dijaga keberadaannya oleh warga masyarakat sekitar khususnya warga Padukuhan Gatak dengan melakukan kerja bakti di sekitar areal sumber POngangan pada hari Minggu 19 Januari 2020 dan juga menguras bak tampungan yang banyak tanahnya. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dukuh Padukuhan Gatak, Yulia Sustiwi yang mengajak masyarakatnya untuk tetap menjaga kelestarian sumber air. 

Sumber Pongangan ini juga menjadi salah satu bukti bahwa pertama kalinya asal usul Desa Karangmojo yang selanjutnya diangkat ceritanya dan dijadikan buku Sejarah Desa Karangmojo melalui program Dinas Kebudayaan Kabupaten  Gunungkidul. Kagiatan Kerjabakti lingkungan memang harus diperhatikan dan digalakkan agar dapat menciptakan hidup sehat dan terbebas dari jangkit penyakit.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo

Lokasi Karangmojo

tampilkan dalam peta lebih besar