Pembuatan SPAL Sederhana di Padukuhan Karangmojo 2

Hanafi 26 September 2019 22:35:54 WIB

KARANGMOJO (Tim SIDA). Kegiatan Pembuatan SPAL sederhana yang dilaksanakan di Padukuhan Karangmojo 2 yaitu di rumah Bapak Hanafi Dwi Abdurrohim pada hari Jumat, tanggal 26 September 2019 diikuti oleh perwakilan dari masing-masing dusun yang ada di Desa Karangmojo. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Karangmojo I dengan tujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat untuk membuat SPAL Sederhana untuk limbah air bekas mandi dan dapur. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena baru pertama kalinya mengkuti kegiatan ini dan juga sangat efisien. Petugas dari UPT Puskesmas Karangmojo 1, Ibu Witri menjelaskan bahwa kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pemaparan materi dan dlanjutkan dengan sesi kedua yaitu sesi praktek pembuatan SPAL Sederhana.

Pembuatan SPAL sederhana ini hanya membutuhkan pasir 3 kibik, semen 5 zak, pralon 5” tiga batang dan batako 15 buah.  Mula-mula membuat lubang dengan diameter 95 cm dengan kedalaman 120 meter sebagai lubang tampungan dan membuat lubang dengan diameter 95 dengan kedalaman 60 cm. selanjutnya membuat bak control untuk menyaring sisa-sisa makanan ataupun sampah lainnya agar tidak masuk kedalam tampungan SPAL. Selanjutnya nanti ditutup sampai kedap agar tidak menimbulkan bau.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat membuat jaringan SPAL untuk limbah rumah tangga agar masyarakat dapat hidup dengan sehat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo

Lokasi Karangmojo

tampilkan dalam peta lebih besar