Solar Box dryer, Alat Pengering Hasil Panen Untuk Pengrajin Kacang Mete

BeHa 16 September 2017 16:41:44 WIB

Karangmojo (Sida Samekta)- Pengrajin mete di Karanmgojo merasa lega karena saat ini tidak lagi tergantung cuaca untuk mengeringkan kacang metenya. Sabtu (16/9), pra perajin menerima satu paket alat pengering hasil penelitian Dosen UKRIM Yogyakarta asal Jerman, Daniel. bersama beberapa Dosen, Daniel datang datang ke Desa Karangmojo untuk uji coba mesin hasil temuannya dan diterapkan sebagai alat pengering untuk produksi kacang mete.

Alat yang diberi nama "Solar box dryer“ merupakan mesin yang digunakan untuk proses pengeringan hasil dari pertanian. Solar box dryer memiliki fungsi untuk proses pengeringan dengan langkah yang lebih mudah tanpa banyak menyita waktu. Dalam kegunaan mesin pengering ini dipakai bukan hanya pada jenis padi saja, namun untuk berbagai hasil pertanian maupun perkebunan juga bisa diaplikasikan. Bahan yang dapat dikeringkan lewat mesin pengering ini seperti padi, gabah, jagung, kedelai, kopi, gaplek, kakau, kemiri, kacang dan lainnya. Dengan mengaplikasikan mesin pengering ini, kini proses pengeringan tidak lagi mengandalkan tenaga panas matahari yang kadang terkendala oleh cuaca hujan.

Fungsi mesin pengring iniadalah mengeringkan produk sebagai pengganti proses pengeringan dengan bantuan matahari. Cara penggunaan mesin pengering ini dapat dioperasikan hanya dengan 1 orang saja. Bentuk dari mesin menyerupai box dengan bentuk mesinnya yang mudah dibongkar pasang. Penggunaan mesin pengering ini dapat menghemat waktu pengeringan, tempat pengeringan, serta tenaga dalam pengeringan.

Komentar atas Solar Box dryer, Alat Pengering Hasil Panen Untuk Pengrajin Kacang Mete

edi sujarwo 18 September 2017 11:47:52 WIB
mantap.........

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo

Lokasi Karangmojo

tampilkan dalam peta lebih besar