Sejarah Desa

Hanafi 30 April 2014 17:20:39 WIB

Diambil dari penjelasan para sesepuh Desa Karangmojo, bahwa sebutan Desa Karangmojo dilatar belakangi oleh beberapa hal antara lain :

Asal usul desa Karangmojo merupakan gabungan  tiga kalurahan yang ada pada zaman penjajahan Belanda dulu yaitu :

  1. Kalurahan Karangmojo yang dipimpin oleh Lurah Harjo Sura yang  pusat pemerintahannya di Karangmojo I yang membawahi padukuhan Karangmojo I, padukuhan Karangmojo II dan Padukuhan Sumberjo.
  2. Kalurahan Jaran Mati yang dipimpin oleh Lurah Sethatha pusat pemerintahannya di Jaran Mati  dengan membawahi padukuhan Jaran Mati (Kepel Pejah), Padukuhan Gatak dan padukuhan Tlogowareng.
  3. Kalurahan Ngagel yang pusat pemerintahannya di Padukuhan Ngagel dipimpin oleh Lurah Prawiro Suwarno yang membawahi padukuhan Ngagel, padukuhan Ngrombo, padukuhan Ngepung dan Padukuhan Gentungan.

Waktu itu Kabupaten Gunungkidul belum ada, yang ada adalah Kadipaten Ponjong yang berpusat di Pati, maka letak kalurahan-kalurahan tersebut sangat strategis karena dekat dengan pusat pemerintahan Kadipaten. Ini terbukti dengan adanya patilasan Pongangan, pongangan adalah tempat untuk mengintai musuh karena lokasi tersebut sangat luas dan dapat memendang sangat jauh. Menurut cerita terjadinya Kabupaten Gunungkidul Pongangan  ada keterakitannya dengan Tumenggung Poncodirjo, Tumenggung Ponco Sadewo hingga hutan Nongko doyong dan Ki Demang Piyamana semua itu berkaitan erat dengan pecahnya perang Majapahit. Sehingga banyak kerabat kerajaan Majapahit yang melarikan diri dan sempat singgah di Pongangan untuk mencari keselamatan dan penghidupan.

Karangmojo terdiri daru dua kata ”Karang” dan Maja, Karang disini artinya berandai-andai terlalu muluk-muluk, mengada-ada serta bercita-cita tinggi tetapi tidak melihat kemampuan dirinya. Maja merupakan  nama pohon yang memiliki buah besar-besar seukuran kelapa yang dikupas serabutnya. Dimana waktu itu Kalurahan Karangmaja banyak ditumbuhi pohon maja yang sangat banyak dan buahnya sangat lebat tetapi tidak dapat dimanfaatkan.

Setelah merdeka sekitar tahun 1947 terjadilah penggabungan ketiga kalurahan tersebut menjadi Kalurahan Karangmojo yang berpusat di Padukuhan Gatak karena tuntutan perkembangan jaman untuk mempermudah administrasi kalurahan tersebut sepakat untuk bergabung.

 Nama-nama Lurah Desa / Kepala Desa Karangmojo

No

Nama

Jabatan

Alamat

Keterangan

1

Saleh Atmojo

Lurah

Ngagel

1947 s/d 1965

2

Mardi Siswoyo

Lurah

Jaranmati II

1966 s/d 1985

3

Supirman

Lurah

Karangduwet II

1986 s/d 1994

4

Supirman

Kades

Karangduwet II

1995 s/d 2005

5

Supirman

Kades

Karangduwet II

2006 s/d 2013

6

Supriyo, AMd

Kades

Gatak

2015 s/d 2021

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Aduan Masyarakat

Keluhan Warga
Silahkan sampaikan keluh kesah anda dengan mengisi formulir secara lengkap

Obrolan Warga Karangmojo

Lokasi Karangmojo

tampilkan dalam peta lebih besar